Cara Mengobati Alergi Dingin Serta Memahami Penyebab & Gejalanya

CARA MENGOBATI ALERGI DINGIN alergi-dingin-pada-anak-alergi-dingin-pada-bayi-alergi-dingin-dan-debu-alergi-dingin-batuk-pilek-alergi-dingin-jadi-sesak-nafas-alergi-dingin-dan-panas-alergi-dingin-boleh-mandi-alergi-dingin-tak-kunjung-sembuh-alergi-dingin-di-wajah-alergi-dingin-pada-balita-alergi-dingin-pada-anak-3-tahun-alergi-dingin-menyebabkan-batuk-alergi-dingin-atau-biduranCara Mengobati Alergi Dingin Serta Memahami Penyebab & Gejalanya

Alergi dingin Atau (Urtikaria Dingin) bisa saja terjadi pada siapapun, tidak pernah pandang bulu. Di tambah sekarang Indonesia sedang mengalami cuaca ekstrim, potensi hujan dengan intensitas sedang lebat, angin kencang, dan suhu menurun atau dingin. maka dari itu kita mesti menjaga daya tahan tubuh kita guna terhindar dari berbagai penyakit yang bisa mengganggu kesehatan kita, seperti yang yang akan kita bahas ini, yaitu, alergi dingin, gejala dan cara mengobati alergi dingin

Gejala Alergi Dingin (Urtikaria Dingin)

Sebelum kita membahas penyebab dan cara mengobati alergi dingin alangkah baiknya kita terlebih dulu mengetahui gejala-gejala yang ditimbulkan oleh alergi dingin, supaya kita dapat membedakan alergi dingin dengan alergi lainnya.

Munculnya alergi dingin adalah ketika kulit kita terkena air dingin dan cuaca dingin (dibawah 4 derajat celcius). Alergi dingin akan lebih beresiko jika muncul suhu dingin dan lembap. Berikut beberapa gejala alergi dingin yang bisa terjadi.

  • Kulit berubah menjadi kemerahan.
  • Muncul bilur dan di barengi dengan rasa gatal pada area kulit yang terkena udara dingin.
  • Terasa bengkak pada bibir dan tenggorokan ketika mengonsumsi makanan atau minuman dingin.
  • Terasa bengkak pada tangan saat memegang sesuatu.

Reaksi yang di timbulkan akan lebih parah ketika tubuh terpapar oleh suhu dingin, seperti kita saat berenang di air yang dingin. Reaksinya dapat berpotensi membahayakan nyawa. Biasanya, alergi dingin akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu atau bulan, ada juga yang lebih lama.

Penyebab Alergi Dingin

Alergi dingin bisa terjadi tanpa kita sadari penyebabnya, namun sering kali terjadi dalam satu keluarga, mungkin ada faktor keturunan. Jadi penyebab kenapa orang bisa mengalami alergi dingin itu belum diketahui, namun kita bisa mengamati berbagai faktor yang bisa meningkatkan resiko terkena alergi dingin, seperti:

  • Remaja dan anak-anak. Usia yang belum matang secara ketahanan tubuhnya sehingga usia ini sering terkena alergi udara dingin.
  • Infeksi. Orang yang baru terkena infeksi seperti pneumonia radang paru-paru akan lebih beresiko terkena alergi dingin.
  • Faktor keturunan. Ada anak di luaran sana yang mewarisi penyakit ini dari orang tua mereka, namun hal ini jarang terjadi.
  • Penyakit dasar tertentu. Gangguan kesehatan atau penyakit, seperti hepatitis atau kanker yang meninggalkan risiko terkena alergi dingin.

Cara Mengobati Alergi Dingin

Meskipun kita tidak dapat mengetahui penyebab pasti terjadinya alergi dingin, namun kita tetap bisa mengobatinya. Mengetahui gejala dan penyebab alergi dingin itu menurut saya tidak cukup, karna bagi Anda yang sedang terserang penyakit itu tentu harus sembuh bukan?. Untuk itu Anda harus tau cara mengobati alergi dingin.

Cara mengobati alergi dingin. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengindetifikasi penyebab terjadinya gejala alergi dingin seperti di atas. Secara umum, berikut cara mengobati alergi dingin.

Usahakan tetap hangat

Cara mengobati alergi dingin yaitu dengan menghindari udara dingin untuk menghindari pemicu utama terjadinya alergi dingin, dengan cara mematikan AC rumah atau mengatur suhu dengan suhu rendah dan jika Anda mau mandi pada pagi hari usahakan menggunakan air hangat.

Cara mengobati alergi dingin Menggunakan Obat Alergi.

Obat-obatan di bawah ini bukan hanya untuk mengobati alergi dingin melainkan obat-obatan untuk mengobati alergi secara umum, seperti :

  • Antihistamin. Obat ini memblokir antihistamin yang merupakan zat penyebab terjadinya gejala alergi seperti gatal dan kemerahan. Ada banyak contoh obat-obatan yang baik di konsumsi untuk mengobati alergi seperti : Loratadin, CTM, Cetirizine, Interhistin, dll.
  • Doxepin. Biasanya digunakan untuk mengobati kecemasan dan depresi, obat ini juga mampu mengobati gejala alergi dingin.
  • Omalizumab. Biasanya digunakan untuk mengobati asma, obat ini telah berhasil mengatasi sejumlah kecil orang dengan masalah alergi dingin.

Pencegahan Alergi Dingin (Urtikaria Dingin)

Tahap ini adalah tahap yang menurut saya sangat penting, karna pepatah mengatakan “lebih baik mencegah dari pada mengobati”. Untuk itu kita harus senantiasa menjaga kesehatan tubuh kita dari berbagai penyakit, dengan memulai hidup yang sehat.

Setelah kita tau penyebab, gejala dan cara mengobati alergi dingin, alangkah baiknya kita harus menjalankan pencegahan akan datangnya alergi dingin pada diri kita dengan cara sebagai berikut :

  • Konsumsi obat yang telah di resep oleh dokter.
  • Hindari makanan dan minuman yang dingin agar tidak memicu terjadinya pembengkakan pada bibir dan tenggorokan.
  • Beritahukan dokter atau petugas medis saat Anda akan menjalankan operasi supaya tidak terjadi alergi dingin ketika berada di ruangan oprasi.
  • Lindungi tubuh dari suhu yang menurun drastis atau cuaca dingin

Nah itulah penjelasan terkait cara mengobati alergi dingin, Meskipun sudah banyak bertebaran di Antihistamin saya rasa itu lebih baik karna kami juga ingin hadir di sana. Semoga bermanfaat

Facebook Komentar