Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat

Cara Menghilangkan Jerawat Secara AlamiCara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Sudah seharusnya kita mengetahui penyebab dan gejala yang dirasakan saat munculnya jerawat pada tubuh. Alasannya, karena saat kita berhasil menghilangkan jerawat tidak menutup kemungkinan jerawat akan muncul kembali, dan itu disebabkan karena kita yang tidak tahu apa yang menjadi penyebab kemunculan jerawat. Maka dari itu penting bagi kita untuk membahas semua mulai dari penyebab, gejala serta cara menghilangkan jerawat itu sendiri.

Jerawat adalah kondisi yang terjadi pada kulit yang ditandai dengan adanya benjolan merah meradang dan bersisik pada permukaan kulit. Kondisinya dapat bersifat ringan, sedang atau parah. Jerawat ringan dapat dicerminkan sebagai beberapa bintil kecil dan benjolan merah, sementara jerawat sedang dan parah melingkupi bagian yang lebih luas pada wajah, leher, punggung dan dada. Jerawat secara teknis dinamakan dengan Acne vulgaris.

Keadaan ini biasanya terjadi pada masa remaja saat hormon paling aktif mengakibatkan banyaknya minyak pada wajah. Namun, setelah sepuluh tahun, kemunculan jerawat seharusnya menurun secara drastis. Sayangnya, penurunan kemunculan jerawat ini tidak sering berlaku untuk sebagian orang sebab infeksi ini dapat terbawa sampai usia dewasa.

Terdapat Empat Kondisi yang Dapat Menyebabkan Jerawat, yaitu:

  • Produksi sebum berlebih. Sebum adalah zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak untuk menangkal kulit kering.
  • Sumbatan pada folikel rambut. Jerawat muncul saat folikel rambut tersumbat oleh gabungan sel kulit mati dan sebum.
  • Bakteri. Jenis bakteri Propionibacterium acnes dapat berkembang dan menyumbat folikel rambut, serta mengakibatkan peradangan.
  • Hormon. Aktivitas hormon androgen berlebih dapat mengakibatkan jerawat.

Folikel yang tersumbat dapat membengkak dan membentuk komedo putih atau komedo hitam bila terpapar dengan dunia luar. Kondisi itu usahakan jangan dianggap remeh, karena dapat berkembang menjadi pustula, papula, nodul, atau bahkan kista, bilamana terkontaminasi oleh bakteri kulit.

Faktor Risiko Jerawat

Ada sejumlah faktor yang dapat menambah risiko seseorang mengalami jerawat, di antaranya:

  • Perubahan hormon. 80% permasalahan jerawat pada perempuan terjadi akibat adanya perubahan hormon pada masa tertentu, contohnya menjelang menstruasi, tiga bulan pertama masa kehamilan, atau dampak PCOS.
  • Masa pubertas. Pada masa pubertas, aktivitas hormon testosteron akan meningkat. Akibatnya kelenjar minyak menghasilkan sebum dalam jumlah lebih banyak dari yang diperlukan kulit.
  • Keturunan. Seseorang dari keluarga yang bermasalah dengan jerawat lebih berisiko mengalami jerawat.
  • Gesekan kulit dengan benda, misalnya jerawat di wajah dampak terlalu sering mengenakan penutup kepala, jerawat di leher akibat pemakaian baju yang terlalu ketat di bagian kerah, atau jerawat di punggung dampak sering memakai ransel.
  • Stres. Meski stres tidak mengakibatkan jerawat, tetapi dapat memperburuk situasi jerawat yang telah ada.
  • Konsumsi obat-obatan, seperti pemakaian litium, kortikosteroid, atau obat antikejang.
  • Penggunaan kosmetik.
  • Merokok.

Jenis-jenis jerawat

  • Comedonal
    Comedonal acne adalah jenis jerawat yang terletak dibawah permukaan kulit. Jenis jerawat ini umumnya diakibatkan oleh pori-pori atau folikel rambut yang tersumbat oleh kotoran, bakteri, sel kulit mati, atau rambut. Jerawat yang masih tertutup oleh kulit dinamakan dengan whiteheads, sementara jerawat yang terbuka dan berwarna kehitaman dinamakan dengan blackheads. Comedonal acne biasa terjadi pada seseorang yang mempunyai jenis kulit berminyak.
  • Inflammatory
    Peradangan pada tubuh memang bisa menyebabkan masalah kesehatan. Mulai dari masalah lambung, sampai masalah jerawat. Ada 2 jenis jerawat yang termasuk dalam inflammatory acne, yakni papules dan pustules. Keduanya sama-sama mempunyai ciri yang kemerahan meradang yang sakit ketika ditekan. Namun, papules hanya berwarna kemerahan, sementara pustules berwarna kemerahan dan mengandung nanah.
  • Nodulocystic
    Berbeda dengan comedonal dan inflammatory acne yang termasuk dalam jerawat sedang, nodulocystic adalah jerawat yang termasuk parah. Jenis jerawat ini terbentuk akibat produksi sebum berlebih tidak dapat keluar dan terjebak dalam pori-pori. Selain memunculkan rasa sakit, nodulocystic acne pun meninggalkan bekas jerawat yang lumayan dalam.
  • Hormonal
    Sesuai dengan namanya, hormonal acne adalah jerawat yang tumbuh dampak adanya ketidak seimbangan hormon. Kondisi ini tidak hanya terjadi pada seseorang yang masih remaja, tapi pada 50% perempuan berusia 20-29 tahun dan 25% perempuan berusia 40-49 tahun. Pada umur remaja, jerawat hormonal umum tumbuh pada lokasi t-zone, sementara pada umur dewasa, jerawat hormonal tumbuh pada lokasi bawah pipi dan selama rahang.

Gejala-gejala utama

Gejala-gejala jerawat bermacam-macam bergantung pada tingkat keparahannya dan mencakup gejala-gejala seperti:

  • Pori-pori yang tersumbat dan tertutup
  • Bintil hitam
  • Benjolan merah kecil lembut
  • Bintil-bintil
  • Gumpalan bernanah atau luka alami

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Banyak cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang dilaksanakan para perempuan. Mulai dari facial di salon atau klinik kecantikan ternama, sampai membeli banyak produk yang dipercaya ampuh sebagai cara menghilangkan jerawat dalam semalam.

Namun, sedikit yang tahu bahwa bahan kimia dalam produk-produk itu belum tentu dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat kecil kecil. Bahkan bisa jadi malah membuat acne di wajah kita menjadi lebih parah.

Kalau kamu hendak mencari cara menghilangkan jerawat dengan cara alami, usahakan menggunakan bahan-bahan alami yang sudah terbukti dapat mengatasi masalah acne. Meskipun efeknya tidak secepat produk yang dipasarkan di pasaran, sebab efek jangka panjangnya dipastikan lebih aman dan natural.

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami yang dapat kamu lakukan di rumah:

1. Lemon

Di dalam buah lemon ada asam askorbat-L yang dapat meminimalisir masalah peradangan pada kulit berjerawat serta membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. Bahkan lemon dikenal baik sebagai pencerah kulit dan menghilangkan noda pada wajah. Sehingga baik sekali digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat.

Langkah-langkah yang dapat kamu lakukan di antaranya:

Siapkan satu buah lemon.
Tekan lemon supaya mengeluarkan air lemon.
Potong lemon menjadi dua bagian, peras ke dalam wadah.
Oleskan air perasan lemon pada wajah Anda.
Biarkan sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk.
Lakukan perawatan ini secara teratur satu kali di pagi hari untuk menanggulangi masalah acne.

2. Mentimun

Salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat adalah dengan memakai mentimun. Mungkin tidak anda sadari bahwa buah ini memiliki manfaat yang sangat spektakuler untuk kulit.

Mentimun tidak melulu kaya akan antioksidan yang penting untuk kulit, namun juga mineral, asam amino, dan juga vitamin C. Hal-hal tersebut paling berkhasiat untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh, membersihkan jerawat, serta melembapkan kulit.

Langkah yang dapat kamu lakukan untuk menjadikan mentimun sebagai cara menghilangkan jerawat dan bekasnya adalah sebagai berikut:

Iris mentimun tipis-tipis.
Aplikasikan pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.
Bilas wajah dengan air hangat.
Untuk hasil yang maksimal, minumlah jus mentimun yang dicampur dengan perasan jeruk nipis. Hal ini disebabkan jus mentimun dapat membersihkan tubuh dan membantu mengeluarkan racun dari dalam.

3. Kulit Jeruk

Penggunaan vitamin C dan asam alfa hidroksi dalam kulit jeruk dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Hal ini disebabkan kulit jeruk mampu menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori, serta mampu mengangkat sel kulit mati.

Untuk cara pemakaiannya pun gampang sekali, yaitu:

Kupas kulit jeruk dan keringkan di bawah sinar matahari selama beberapa hari sampai benar benar kering.
Haluskan kulit jeruk yang telah dikeringkan tadi sampai menjadi bubuk.
Tambahkan air secukupnya pada bubuk tadi dan aduk sampai menjadi pasta.
Oleskan pasta itu pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama beberapa menit.
Bilas dengan air hangat sampai bersih.

4. Putih Telur

Pasti sudah banyak yang tahu manfaat putih telur sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Hal ini disebabkan karena putih telur berisi Enzim Lysozim yang bisa menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat.

Di samping itu, putih telur juga diandalkan untuk mengecilkan pori-pori kulit serta meminimalisir minyak berlebih yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Putih telur terbukti ampuh untuk menghilangkan komedo yang seringkali bersarang di hidung.

Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat memakai putih telur ini juga mudah sekali, yaitu:

Ambil sebutir telur, pisahkan kuning dan putihnya. Kocok putih telur sampai pecah dan mengembang.
Oleskan putih telur itu pada wajah, kemudian diamkan sampai mengering.
Bilas dengan air hangat sampai bersih.

5. Lidah Buaya

Bahan yang ampuh sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat lainnya adalah lidah buaya. Sudah bukan urusan yang mencengangkan lagi lidah buaya dikenal sebagai bahan alami yang lumayan ampuh dalam menanggulangi masalah jerawat.

Lidah buaya berisi banyak zat aktif yang dapat menghilangkan jerawat. Beberapa di antaranya adalah hormon goberelin dan polisakarida yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Di samping itu, lidah buaya juga berisi antioksidan, mineral, vitamin C, dan E yang mempercepat pengobatan kulit yang berjerawat.

Untuk pengaplikasiannya, cara-caranya merupakan:

Potong lidah buaya menjadi dua bagian dan singkirkan bagian yang berduri.
Ambil bagian gelnya kemudian masukkan ke dalam wadah.
Haluskan gel lidah buaya tersebut.
Oleskan gelnya pada bagian kulit yang berjerawat dan diamkan sekitar 3-5 menit.
Bilas dengan air dingin.

6. Bawang Putih

Salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat yang tidak diragukan lagi adalah dengan memakai bawang putih. Hal ini disebabkan karena bawang putih berisi senyawa Thiacremonon Sulfur yang bisa mengeringkan jerawat. Selain itu juga ada senyawa Allicin yang mempunyai sifat antiseptik yang dapat menangkal bakteri penyebab jerawat.

Penggunaannya adalah sebagai berikut:

Haluskan bawang putih sampai halus. Tambahkan dengan tidak banyak sari cuka apel guna hasil yang lebih optimal.
Oleskan hanya pada bagian yang berjerawat.
Diamkan selama beberapa menit.
Bilas dengan air hangat.

7. Scrub Gula

Pada gula murni, ada kandungan AHA berupa asam glikolat yang baik untuk membersihkan wajah dari sel kulit mati. Sehingga sesuai sekali dijadikan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat.

Tidak hanya itu, gula juga diandalkan dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Hal ini sebab dinding sel bakteri pada dasarnya tidak tahan terhadap gula.

Langkah-langkah pemakaiannya adalah sebagai berikut:

Campurkan dua sendok makan gula dengan satu sendok makan air hangat.
Aduk sampai menjadi pasta scrub.
Oleskan scrub itu pada wajah kemudian diamkan 15-20 menit.
Bilas dengan air hangat dan keringkan.

8. Madu

Sejak zaman dahulu kala, madu sudah dipakai sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Antiseptik yang ada di dalam madu dipercaya mampu membunuh bakteri dan meminimalisir peradangan pada kulit yang disebabkan oleh jerawat.

Madu juga memiliki fungsi sebagai probiotik alami. Gunanya adalah sebagai zat efektif yang tidak melulu mengurangi tapi juga mencegah munculnya jerawat baru.

Dalam pemakaiannya pun lumayan mudah:

Siapkan sejumlah tetes madu.
Oleskan madu langsung pada bagian yang berjerawat dengan memakai kapas.
Diamkan sekitar 45 menit.
Setelah madu mengering dan terasa lengket, bilas dengan air dingin dan keringkan.
Perawatan ini dapat kamu kerjakan selama 3 kali dalam satu minggu.

9. Es Batu

Kalau ingin cara yang sangat simple, terdapat satu cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat dengan bahan yang mudah anda temukan di rumah. Cara tersebut adalah dengan memakai es batu dari air yang steril.

Es batu diandalkan dapat menghilangkan minyak berlebih dan kotoran yang adalah penyebab munculnya jerawat. Di samping itu, es batu juga bermanfaat untuk mendinginkan kulit dan meminimalisir peradangan yang ditimbulkan dampak jerawat.

Langkahnya pun lumayan mudah dilakukan:

Pastikan air yang dipakai untuk menciptakan es batu itu steril.
Bungkus es batu secukupnya memakai kain yang bersih.
Oleskan atau diamkan pada bagian wajah yang berjerawat selama sejumlah detik.
Ulangi proses itu hingga sejumlah kali pada bagian yang berjerawat lainnya.

Nah itulah 9 cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Namun belum selesai sampai disini, karena jerawat sudah pasti meninggalkan bekas, untuk kalian yang ingin sekalian mengetahui cara luar biasa untuk menghilangkan bekas jerawat bisa klik tulisan yang diwarnai biru. Terimakasih

Facebook Komentar