Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Singkat

Cara perut tidak buncitMungkin kita sering menyaksikan orang yang mempunyai perut buncit, atau bahkan itu Anda sendiri? Yup, perut buncit telah menjadi masalah umum yang terjadi di Indonesia, bahkan banyak diantaranya para kaum hawa yang mencari referensi terkait penyebab, bahaya serta Cara mengecilkan perut buncit.

Karena, kelebihan berat badan dan mempunyai terlalu banyak lemak perut menyebabkan beberapa penyakit atau gangguan di tubuh.

Bahaya, penyebab Serta Cara mengecilkan perut buncit

Dilansir dari lifealth, lemak menyimpan energi di dalam tubuh dan mengupayakan untuk melindungi tubuh. Ada dua jenis lemak yakni lemak subkutan, atau lemak visceral.

Lemak visceral paling berbahaya untuk kesehatan sebab terdapat di dekat bagian-bagian utama tubuh laksana perut, jantung, hati, paru-paru.

Lantas apa masalahnya? sebelum membahas Cara mengecilkan perut buncit Mari kita kupas bahaya kelebihan lemak perut.

Bahaya Kelebihan Lemak perut

  • Peradangan

Lemak visceral menambah peradangan di dalam tubuh sebab langsung menyerang hati. Peradangan menyebabkan banyak infeksi, dan masalah di dalam tubuh. Bahkan mengganggu ekuilibrium hormon tubuh dan mempengaruhi metabolisme tubuh juga.

  • Risiko diabetes

Lemak perut lebih membahayakan dari pada lemak di dekat lengan, pinggul, atau paha. Ini menuju risiko lebih banyak diabetes tipe 2 dalam tubuh.

Lemak visceral menolong mengatur pembuatan insulin dalam tubuh. Ini menambah aliran insulin dalam aliran darah, dan tubuh anda menjadi kelaziman tingkat gula tinggi, dan insulin dalam darah. Dengan demikian mengarah pada risiko diabetes yang lebih tinggi.

  • Meningkatnya tekanan darah

Tekanan darah bertambah dengan tingkat insulin dalam tubuh meningkat. Ketika tubuh merasakan resistensi terhadap kadar gula tinggi, dan insulin dalam darah, sering mengakibatkan tekanan darah tinggi.

Ini adalah salah satu kondisi kesehatan yang sangat berbahaya, sebab dapat mengakibatkan stroke jantung juga.

  • Insomnia

Obesitas atau lemak perut fanatik menyebabkan masalah gangguan tidur. Anda tidak bisa tidur sebab menyebabkan kecemasan, mendengkur berlebihan, sleep apnea, masalah pernapasan dll. Akhirnya mengakibatkan insomnia.

Dengan demikian, seseorang mesti berusaha untuk menghilangkan kelebihan lemak perut untuk menyingkirkan situasi ini.

  • Penyakit kardiovaskular

Terlalu berlebihan lemak perut menambah risiko penyakit kardiovaskular. Lonjakan desakan darah menyerahkan tekanan konstan pada pembuluh darah.

Di samping itu, meningkatnya peradangan juga menyebabkan meningkatnya risiko penyakit jantung.

Penyebab Perut Buncit

Memiliki perut buncit memang paling menyebalkan. Sebab, selain dapat merusak penampilan, perut buncit dapat menyebabkan seseorang menjadi risih dan terbatas ruang gerak-nya.

Biasanya, orang dengan perut buncit akan sering merasa lelah sehingga selalu hendak tidur. Padahal, kegiatan sehari-hari mesti dilakukan dengan tubuh yang bugar dan stamina yang tinggi.

Di samping itu, perut buncit pun sangat berpotensi untuk menimbulkan berbagi masalah kesehatan, contohnya gangguan pencernaan, penyakit lambung, usus, serta desakan darah.

Sebab, bagaimanapun juga perut buncit terjadi akibat dari penumpukan lemak. Seperti diketahui, lemak yang menumpuk dan tidak segera buang akan menyebabkan efek negatif untuk kesehatan Anda.

Nah, untuk menghindari terjadinya perut buncit, ada baiknya kita mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya.

  • Makan Berlebihan

Salah satu penyebab perut buncit adalah pola makan yang berlebihan. Makan dalam jumlah yang terlalu banyak akan membuatn tubuh menjadi gemuk. Dalam proses menuju pada kegemukan, yang pertama kali merasakan efeknya ialah perut, yaitu membuncit.

  • Jarang Olahraga

Selanjutnya adalah jarang olahraga. Ya, olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk memangkas lemak di tubuh.

Dengan teratur olahraga, maka lemak dan kalori bakal terbakar secara efektif sampai tidak terdapat penumpukan yang dapat memicu terjadinya perut buncit.

  • Terlalu Banyak Makan Manis

Seperti diketahui, makanan manis yang dikonsumsi secara berlebihan memang dapat memicu terjadinya bobot tubuh anda meningkat. Bahkan, pada tingkatan yang lebih parah, makanan manis juga dapat membuat seseorang merasakan obesitas. Apalagi makanan manis tersebut terbuat dari pemanis buatan, maka efeknya pun bakal semakin buruk.

  • Tidur Setelah Makan

Kebiasaan yang satu ini memang paling buruk dan jangan dilakukan. Selain mengakibatkan terjadinya kehancuran pada organ di dalam perut, istirahat setelah makan juga dapat membuat seseorang menjadi tambah gemuk. Hal tersebut dikarenakan makanan yang dikonsumsi tidak diproses secara sempurna.

  • Terlalu Lama Duduk

Jika Anda tergolong orang yang bekerja dengan duduk seharian, maka perut buncit adalah hal yang susah dihindari. Salah satu teknik mencegah terjadinya penumpukan lemak pada perut ialah dengan rajin bergerak, contohnya berdiri, berjalan, atau peregangan di sela-sela kegiatan kerja.

Cara mengecilkan perut buncit dengan cepat

Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana seseorang dikatakan memiliki perut yang buncit? Apakah Anda termasuk orang yang memiliki perut buncit? Rupanya, ketika seorang pria yang memiliki lingkar perut lebih dari 102 cm (40 inci) dan 88 cm (35 inchi) bagi perempuan, Anda termasuk dalam golongan orang yang memiliki jenis perut buncit dan mengarah kepada kondisi obesitas.

Nah, jika Anda termasuk dalam golongan tersebut ada beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut 14 cara mengecilkan perut buncit yang bisa Anda coba!

Makan makanan berserat tinggi

Makanan dengan serat tinggi dapat membuat Anda kenyang lebih lama karena cara kerjanya yang mampu menahan makanan lebih lama dalam proses pencernaan.

Mengkonsumsi makanan seperti kubis, alpukat, kacang polong, dan blackberry secara rutin dipercaya ampuh sebagai cara mengecilkan perut buncit. Sebuah penelitian menunjukan, setiap peningkatan 10 gram asupan serat, dapat menurunkan lemak perut sebesar 3,7% dalam jangka waktu 5 tahun.

Mulai memasak menggunakan minyak kelapa

Tidak semua minyak bersifat jahat. Salah satunya minyak kelapa yang baik digunakan sebagai cara mengecilkan perut buncit. Sebuah penelitian menyebutkan, pria buncit yang mengkonsumsi minyak kelapa setiap hari selama 12 minggu mampu mengecilkan lingkar perutnya sebesar 1,1 inci (2,86 cm) tanpa harus merubah menu diet atau menambah intensitas waktu mereka olahraga.

Rahasianya adalah minyak kelapa juga tinggi akan kalori, sehingga baik sebagai pengganti menu Anda yang mengandung lemak. Untuk hasil yang optimal, tambahkan 2 sendok makan (30 ml) minyak kelapa dalam makanan Anda setiap hari, ya!

Konsumsi lemak ikan tiap minggu

Serupa dengan minyak, tidak semua lemak jahat. Lemak ikan ternyata kaya akan protein dan omega 3 yang dapat melindungi Anda dari serangan penyakit, termasuk menghilangkan lemak di area perut. Konsumsi lemak dari ikan haring, salmon, sarden, makarel, juga ikan teri sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Turunkan tingkat stres Anda

Ada anggapan bahwa stres berbanding lurus dengan peningkatan tubuh seseorang. Hal tersebut benar adanya, karena stres dapat memicu tubuh menghasilkan hormon kortisol atau ‘hormon stres’ yang berdampak pada meningkatnya nafsu makan Anda.

Lakukan olahraga kardio

Setiap olahraga memang efeknya baik untuk tubuh, terutama olahraga kardio yang menggerakan seluruh tubuh dari kepala hingga kaki, seperti berlari dan berenang. Cara mengecilkan perut buncit dengan olahraga kardio ini dengan memperbanyak porsi gerakan pushup dan situp yang berkonsentrasi pada area perut. Selain itu, olahraga mengangkat beban juga bisa menjadi opsi karena selain membakar lemak, juga mampu menambah massa otot Anda.

Beristirahat yang cukup

Kaum pekerja cenderung kurang memperhatikan jumlah waktu tidur mereka sehari-hari. Nyatanya, mereka yang hanya tidur 5 jam cenderung memiliki masalah perut buncit dibanding mereka yang tidur 7 jam sehari. Terganggunya metabolisme tubuh dalam mencerna makanan menjadi faktor utama mengapa hal ini dapat terjadi.

Tambahkan cuka apel dalam menu diet Anda

Mungkin belum banyak yang tahu kalau kandungan asam asetik dalam cuka apel dipercaya ampuh sebagai cara mengecilkan perut buncit. Efeknya, dengan mengonsumsi 1 sendok makan cuka apel selama 12 minggu setiap hari dapat mengecilkan lingkar perut sebanyak setengah inci (1,4 cm).

Hindari makanan dan minuman manis

Semua pasti sepakat kalau menu serba manis tidak baik bagi tubuh. Pasalnya, makanan penyebab perut buncit ini syarat akan gula tinggi yang mengandung fruktosa yang dapat membuat lemak menumpuk di tubuh Anda, termasuk di area perut. Termasuk minuman jus buah dalam kemasan! Pasalnya, jus buah kemasan mengandung gula yang lebih banyak, dibanding jus buah buatan sendiri.

Berpuasa

Berpuasa juga efektif sebagai cara mengecilkan perut buncit. Salah satu metode paling populer adalah dengan makan selama 8 jam penuh dan sisanya berpuasa selama 16 jam. Menerapkan metode ini selama 2-6 bulan dipercaya dapat menghilangkan 7% lemak di perut, lho!

Singkirkan kalori cair

Dari sekian banyak  minuman yang menyehatkan, sejumlah di antaranya malah berisi tidak sedikit kalori, laksana jus buah dengan gula dan minuman energi.

“Jus buah, minuman energi, beberapa pilihan susu dan alkohol bisa dikemas dengan kalori,” Gibson mengingatkan.

“Apakah kita memuaskan dahaga atau minum untuk kesukaan murni, sangat gampang untuk minum dalam jumlah besar, khususnya di musim panas. kita tidak menyadari mengkonsumsi separuh dari kalori harian kita dalam prosesnya.”

Mengunyah dengan baik dan santap lebih lambat

Cobalah lebih merasakan makanan dengan santap lebih lambat.

“Makan dengan cepat dapat menambah jumlah gas yang terdapat di perut kita. Hanya mengunyah tidak begitu lama dapat menciptakan semua perbedaan.”

“Pencernaan dibuka dari ketika kita makan dan tanpa mengunyah makanan yang benar tidak dapat dipahami dengan baik yang menuju penumpukan gas dan kembung,” tambahnya.

Minum air

Air tak hanya membuat tubuh tetap terhidrasi, tetapi juga sebagai detoksifikasi. “Semakin banyak air yang kita minum, semakin sedikit air yang akan Anda pertahankan.”

Selain membantu pencernaan, air pun memperlancar BAB secara teratur sehingga menghindari kembung. Gibson menganjurkan untuk minum 1,5 liter air atau delapan gelas per hari.

Konsumsi prebiotik

Prebiotik adalah cara yang bagus untuk menjaga perut tetap sehat.

“Cobalah mengkonsumsi suplemen makanan prebiotik harian, yang memberi makan dan menstimulasi bakteri baik di usus, dan terbukti secara klinis untuk secara signifikan mengurangi risiko perut kembung dari beberapa penelitian pada manusia.”

Kurangi garam

Produk makanan yang berisi banyak garam bisa merusak pinggang.

“Terlalu banyak garam dapat mengakibatkan tubuh kita menahan kelebihan air, sampai-sampai sulit untuk menjangkau perut yang rata,” pungkas Profesor Gibson

Nah, kata siapa cara mengecilkan perut buncit itu sulit? Cukup terapkan beberapa metode di atas, dijamin akan memberikan hasil yang signifikan bagi tubuh Anda. Selamat mencoba

Facebook Komentar